MEMBANGUN JARINGAN WIDE AREA NETWORK




  • Pengertian WAN (Wide Area Network)
  • WAN atau Wide Area Network merupakan jaringan yang memiliki jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan jaringan LAN dan MAN. Karena jangkauan jaringan WAN mencakup negara dan benua.
  • Jadi gampangnya, pengertian WAN adalah jaringan yang jangkauannya mencakup negara dan benua.
  • WAN merupakan gabungan dari jaringan LAN atau Local Area Network dan MAN atau Metropolitan Area Network.

  • Protocol yang Digunakan Jaringan WAN

Macam-macam protocol yang digunakan pada jaringan WAN adalah sebagai berikut:

ISDN
ISDN atau Intergrated Services Digital Network merupakan protocol komunikasi data yang digunakan untuk membawa paket data biasanya dalam bentuk text, gambar, suara, dan video secara simultan. Simultan sendiri adalah sesuatu yang dilakukan secara bersamaan tanpa ada suatu gangguan.

ATM
ATM atau Asynchronous Transfer Mode digunakan untuk cell relay informasi pada beberapa layanan seperti video (gambar bergerak), voice (suara), atau data pada jaringan WAN.

HDLC
HDLC atau High Level Data Link Control berfungsi untuk menetapkan metode enkapsulasi atau metode penyembunyian paket data pada synchronous serial.



PPP
PPP atau Point to Point Protocol digunakan untuk komunikasi asynchronous serial maupun synchronous serial.

DSL
DSL atau Digital Subscriber Line adalah sebuah teknologi yang digunakan sebagai penyedia penghantar data digital melewati kabel dari jaringan telepon setempat dan digunakan dalam jarak dekat.

X.25
Protocol X.25 berfungsi untuk mendefinisikan hubungan terminal dengan jaringan paket switching.

Frame Relay
Frame Relay merupakan protocol yang digunakan sebagai pengirim data jaringan publik. Frame Relay adalah sebuah protocol WAN yang beroperasi pada physical layer dan data link layer dari layer OSI.

Komentar